Home » » Tutorial Android Pemula Menampilkan Html5 local pada Aplikasi android

Tutorial Android Pemula Menampilkan Html5 local pada Aplikasi android

Tutorial App Android Pemula Menampilkan Html5 local pada Aplikasi android - dalam Tutorial android kali ini kita akan bahas tentang cara membuat aplikasi berbasis android yaitu bagaimana caranya menampilkan file html local bikinan kita. 

Sering kali kadang kita di buat bingung tentang cara menampilkan file html dalam aplikasi android, memang dalam bahasa pemrograman android yang di dominasi script xml code kadang kita bingung bagaimana kta menampilkan code html dalam aplikasi android bikinan kita tersebut. 

Sebenarnya tidak sulit kalau kita tau caranya, html5 cordovamerupkan sistem android berbasis html dan js code, namun kalau kita ingin menggunakan kordova tersebut kita butuh install eclipse kemudian cordova dan lain lainnya. 

Namum ada cara mudah dalam memanggil file dengan format android html code caranya seperti webview yang sebelumnya telah saya jelaskan dalam tutorial. 

Baca : tutorial android website blogger ( webview )


yang belum baca silahkan baca dulu, tutorial sebelumnya biar lebih mudah dalam memhami totorial ini. 

Oke tutorial kita lanjutkan sebelumnya telah kita buat aplikasi dengan nama website blog nah kita edit aplikasi tersebut dengan cara. 

Buka Apk Builder Kemudian masuk ke open project > websiteblog kemudian masuk folder buka .project setelah di buka projet dengan nama website blog kemudian pada tahap selanjutnya yaitu 

Setelah project dengan nama website blog terbuka kita langsung buat dulu folder dengan nama assets folder ini berada pada folder website blog jadi foldernya bertambah yaitu res, src, dan assets. 

Kemudian kita masuk dulu di folder src > com > example > websiteblog > MainActivity.java buka filenya edit script java ini. 
webView.loadUrl("https://optimasimantap.blogspot.com");


dan ubah jadi seperti ini. 

webView.loadUrl("file:///android_asset/index.html");


Kemudian setelah di edit langsung save file MainActivity.java tersebut. 

Kemudian kita buat file index.html tersebut di dalam folderassets > index.html kita masukan saja secript html code di bawah ini sebagai contoh. 


<b>Tutorial android Keren Bikin aplikasi android </b>
<br><br>
Dimana Kita bisa belajar dengan mudah dan cepat membuat <b>Aplikasi berbasisi android offline</b> atau <b>online</b>, mari kita belajar disini kita akan lebih pintar.

<br><br>
Belajar aplikasi mudah dan menyenangkan dengan sedetail detailnya hanya disini yaitu <b>belaja membuat app offline</b> dengan <b>contoh sederhana aplikasi android</b> mari belajar.

Kemudian setelah proses script tersimpan silahkan build packing scriptnya dengan menekan tombol build di pojok atas kanan yaitu Build > install > pasang > Buka dan anda bisa langsung meliat hasil secript buatan anda disini. 

Menampilkan code html pada android
android Html Code App

Dan untuk edit html tersebut bisa langsung di apk Builderataupun dengan menggunakan aplikasi yaitu HTML editorhtml editor ini cukup lumayan dalam membuat dan mengedit code code html tersebut untuk kemudian hasilnya kita masukan script tersebut pada code html tersebut. 

untuk tata cara edit html script code dengan html editor kita akan terangkan selanjutnya dalam tutorial berikutnya. 

salam tutorial android script code online offline semoga bisa membantu teman teman dalam mengisi aplikasi berbasisi android. 


banner

Tutorial Photoshop


Lihat secara lengakap

Tehnik SEO on Page


Lihat secara lengakap

Solusi Pendapatan Online

Diberdayakan oleh Blogger.